Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tren Pemasaran 2021 untuk Menghasilkan Penjualan Maksimal

Tren Pemasaran 2021 untuk Menghasilkan Penjualan Maksimal

Pemasaran adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis apa pun. Ini adalah seni berkomunikasi dengan audiens target Anda. Proses tersebut terdiri dari mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Pemasaran adalah alat yang digunakan oleh bisnis untuk mengiklankan merek dan layanan yang mereka sediakan. Dengan demikian, mereka dapat menarik konsumen baru dan berupaya membangun basis pelanggan setia. Pemasaran memiliki berbagai bentuk dan bentuk. Contoh paling umum termasuk iklan TV, iklan cetak melalui majalah atau surat kabar, dan papan reklame.

Alasan utama pemasaran sangat penting di antara proses bisnis lainnya adalah karena membantu perusahaan menjual produk dan layanan mereka. Semua bisnis berbagi satu tujuan: untuk menghasilkan keuntungan, dan mereka semua menggunakan pemasaran sebagai tangga untuk mencapai tujuan mereka. Kebanyakan perusahaan, dalam istilah sederhana, tidak akan ada tanpa pemasaran karena ini adalah media yang menghasilkan penjualan.

TAHAPAN PEMASARAN

Pemasaran adalah sesuatu yang membutuhkan perencanaan yang detail. Ini adalah proses strategis yang mencakup serangkaian langkah yang membantu Anda mencapai tujuan Anda. Ini termasuk penelitian yang membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan audiens target Anda sehingga Anda dapat menemukan cara untuk memuaskan mereka sambil menghasilkan keuntungan, lebih disukai melalui CRM penjualan . Tahapan penting pemasaran meliputi:

  • Menyatakan misi Anda
  • Menganalisis situasi bisnis Anda saat ini
  • Merencanakan strategi pemasaran Anda
  • Memasukkan bauran pemasaran
  • Menerapkan strategi Anda dan memantau umpan balik
  • Proses ini menggabungkan semua aspek pemasaran yang berbeda sehingga setiap langkah mendorong Anda lebih dekat ke tujuan akhir Anda. Mengambil langkah yang diperhitungkan lebih baik daripada membuat keputusan spontan yang berpotensi membahayakan bisnis Anda.


JENIS STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran menentukan bagaimana bisnis menjangkau pelanggannya. Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan perusahaan, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Memiliki strategi yang efektif adalah salah satu kekuatan terbesar yang dapat dimiliki bisnis apa pun. Berikut ini adalah beberapa contoh strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan.

1. Pendekatan Tradisional
Pemasaran tradisional telah ada sejak lama. Ini adalah nama yang diberikan untuk media periklanan yang digunakan sebelum pengenalan internet. Strategi ini digunakan pada saat informasi tidak dapat diakses dengan mudah. Iklan mengandalkan media tradisional seperti TV, radio, media cetak, dan baliho. Beberapa bisnis masih menggunakan strategi ini, tetapi teknik modern seperti pemasaran digital telah membuatnya kewalahan.

2. Pemasaran Media Sosial
Ini adalah strategi pemasaran paling populer karena paling efektif. Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa media sosial telah mengambil alih hidup kita, dan tentunya tidak ada salahnya bisnis mengambil keuntungan dari pengaruhnya. Secara statistik, lebih dari 2,8 miliar orang menggunakan media sosial, dan jumlah ini termasuk orang-orang dari semua kelompok umur. Menjangkau orang, terlepas dari demografi atau psikografik, sangatlah mudah, dan bisnis telah mengambil kesempatan ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan lama dan baru dengan terus memberi tahu mereka tentang apa yang ditawarkan merek mereka.

3. Pemasaran Email

Pemasaran email adalah strategi lain yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi. Ini relatif lebih efektif daripada pengiriman tradisional karena biayanya lebih murah karena kurangnya uang yang dihabiskan untuk transportasi dan pengeluaran lainnya. Lebih mudah mendapatkan akses ke alamat email.

4. Pemasaran Video

Nama pendekatan ini sangat jelas. Ini termasuk iklan yang menggunakan video sebagai media. Bisnis membuat video yang berisi konten tentang merek mereka dan produk yang mereka tawarkan. Langkah selanjutnya adalah mengunggah video ini di platform media sosial dan YouTube. Ini dapat membantu mereka menjangkau audiens global dan menyebarkan kesadaran tentang merek mereka. Kesadaran yang meningkat ini dapat mengarah pada diskusi dan kesepakatan tertutup.

5. Menyebabkan Pemasaran
Pendekatan ini menemukan kepentingan bersama antara bisnis dan konsumennya. Perusahaan harus mengidentifikasi penyebab yang akan menguntungkan baik merek maupun pelanggan mereka. Namun, ini membutuhkan beberapa penelitian karena Anda membutuhkan pengetahuan tentang pola pembelian pelanggan Anda dan tren saat ini. Anda juga perlu tahu untuk apa merek Anda berdiri dan apa misi Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masalah sosial dan memasukkannya ke dalam strategi pemasaran Anda. Misalnya, bisnis yang menjual produk makanan dapat memberikan porsi tertentu dari produknya kepada seseorang yang membutuhkan untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggannya. Ini bisa menjadi kampanye CSR yang sempurna untuk meningkatkan kesadaran, pengenalan merek, dan loyalitas di antara audiensnya.

6. Pemasaran Hijau

Green Marketing adalah cara yang bagus untuk menarik calon audiens, terutama menargetkan mereka yang sangat menyukai pelestarian lingkungan. Bisnis dapat mencari cara yang etis dan ramah lingkungan untuk mempromosikan merek mereka. Dengan cara ini, mereka dapat memperoleh dukungan dan simpati dari publik, dan orang-orang lebih memilih untuk mendukung perusahaan yang bekerja untuk isu-isu penting. Selain itu, pemasaran berkelanjutan menciptakan hubungan antara kepuasan pelanggan dan pelestarian lingkungan. Ada daftar bentuk pemasaran yang tidak pernah berakhir, dan strategi pemasaran telah direvolusi dengan kemajuan teknologi. Kampanye pemasaran dari body shop dan subur adalah contoh yang bagus.

TREN PEMASARAN POPULER DI 2021

1. Kecerdasan Buatan Mengambil Alih

Tidak mungkin mengabaikan dominasi AI, terutama di tahun 2021. AI sedang memasuki pasar global, dan telah menguasai kehidupan sehari-hari yang membosankan. Contohnya adalah penggunaan robot untuk memantau area luar ruangan untuk kejahatan atau aktivitas yang mencurigakan. Perangkat ini sangat canggih sehingga mereka dapat membaca, mendeteksi, dan mengumpulkan data serta melaporkannya kepada pemiliknya. AI telah memasukkan dirinya ke dalam pemasaran dengan memahami pola pembelian pelanggan dan memprediksi langkah mereka selanjutnya. Dengan cara ini, bisnis selalu selangkah lebih maju dalam menyediakan pelanggan mereka dengan tepat apa yang mereka butuhkan.

2. Penggunaan Pemasaran Teks Secara Luas

Teknologi memberi jalan bagi pemasaran email dan pemasaran media sosial, tetapi tidak berhenti di situ. Pemasaran SMS sedang meningkat, dan telah terbukti menjadi media pemasaran yang bermanfaat. Kecerdasan buatan menggunakan algoritme rumit yang dapat mengidentifikasi format dan pesan yang paling menarik bagi audiens target mereka. Seiring waktu, AI juga akan dapat memprediksi jenis kata yang akan mendapatkan interaksi maksimal dan mengubah pesan sehingga dapat diterapkan pada berbagai jenis orang. Pendekatan ini relatif baru, dan mungkin perlu waktu untuk menyempurnakan strategi ini. Namun, ini masih merupakan peluang bagus bagi bisnis baru yang mencoba bertahan di pasar kompetitif tahun 2021.

3. Asisten Pencarian Suara

Tren pemasaran paling menonjol pada tahun 2021 sejauh ini adalah pencarian suara di perangkat seperti Siri atau Alexa. Tren ini telah mengambil alih tugas-tugas dasar seperti berbelanja bahan makanan. Pembeli dapat menemukan item dan informasi terkait yang memenuhi kebutuhan spesifik mereka melalui speaker pintar dan pencarian suara. Seperti pemasaran teks, pendekatan ini juga membutuhkan pengoptimalan, tetapi akan membuka begitu banyak pintu baru untuk berbagai industri.

4. Belanja Melalui Posting Online

Bisnis mulai menggunakan cara yang paling menarik untuk mempromosikan produknya, yaitu melalui media sosial. Orang-orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat-lihat aplikasi seperti Facebook dan Instagram, jadi posting online di aplikasi ini dapat langsung mengarahkan orang ke situs web bisnis tempat mereka dapat dengan mudah menelusuri dan membeli item. Platform ini sangat memudahkan merek untuk memanfaatkan sepenuhnya pengaruh media sosial pada kaum muda saat ini.

5. Pemasaran melalui Percakapan
Maraknya pemasaran teks membuktikan bahwa pemasaran dibangun di atas percakapan. Ketika pelanggan memiliki pertanyaan, mereka semua mencari tanggapan yang cepat. Pemasaran percakapan menggunakan komunikasi satu lawan satu antara penjual atau perwakilan dan pelanggan. Jenis pemasaran ini tersedia secara global di berbagai platform, dan pilihannya bergantung pada pelanggan.

6. Pengalaman, Bukan Produk

Anda akan mengira bahwa produk merek dan pesannya akan memengaruhi promosi. Tetapi tren baru menunjukkan bahwa orang lebih menyukai pengalaman daripada produk. Ini mungkin mengintimidasi para pemimpin bisnis yang mengikuti model B2B karena tidak sejalan dengan gaya kerja Anda. Meski demikian, tidak perlu ragu, karena ada beberapa strategi berdasarkan pengalaman yang melengkapi gaya bisnis B2B. Meneliti dan mempelajari cara-cara baru untuk memberi pelanggan Anda pengalaman langsung dapat membantu mengidentifikasi di mana manfaat produk atau layanan Anda dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengadakan acara langsung di mana Anda dapat langsung berkomunikasi dengan audiens Anda. Prioritas Anda adalah menjadi kreatif, tetapi Anda harus memastikan bahwa pendekatan Anda sesuai dengan reputasi merek Anda.

7. Konten Interaktif

Orang-orang yang menjelajahi internet mencari pengalaman baru dan menarik. Statistik menunjukkan bahwa 91% pembeli mencari konten yang menarik dan interaktif secara visual. Interaktivitas membuat orang merasa lebih terlibat dan mengendalikan apa yang mereka beli. Ini juga berbeda dari jenis konten biasa yang tersedia online, sehingga lebih menonjol. Ini akan menarik lebih banyak pelanggan potensial, dan situs web Anda akan dapat membuat pengunjung terhibur dan terlibat untuk waktu yang lebih lama.

KESIMPULAN
Sementara strategi pemasaran tradisional masih digunakan, bisnis baru harus meneliti dan mendidik diri mereka sendiri tentang tren saat ini yang menarik bagi massa. Dengan cara ini, mereka bisa mendapatkan keterlibatan maksimal dan mengekspos merek mereka dalam skala yang lebih besar. Kesadaran merek yang meningkat akan menghasilkan penjualan yang lebih signifikan dan, akibatnya, lebih banyak keuntungan, yang merupakan tujuan akhir dari setiap bisnis.