7 Hal Teratas yang Perlu Anda Ketahui tentang Faktor Faktur
7 Hal Teratas yang Perlu Anda Ketahui tentang Faktor Faktur
Anjak faktur adalah istilah untuk transaksi moneter antara badan usaha dan perusahaan anjak piutang. Perusahaan anjak piutang membeli faktur bisnis yang belum dibayar dengan tarif diskon yang disepakati.
1. Dasar-dasar Faktor Faktur
Anjak faktur untuk bisnis yang mengikuti model B2B (menjual ke bisnis, atau pemerintah). Mereka dapat menjual faktur dan mengakses dana untuk meningkatkan arus kas.
Pinjaman bisnis adalah kontrak keuangan yang kompleks. Ini adalah proses yang membosankan dan menciptakan hutang pada buku besar Anda. Di sisi lain, anjak faktur itu sederhana. Anda menjual faktur yang tidak tertagih ke perusahaan anjak piutang.
Anda tidak perlu menunggu tiga puluh hingga sembilan puluh hari untuk mendapatkan uang yang terhutang oleh debitur Anda ke bisnis Anda. Uang yang Anda terima sebagai uang muka untuk penjualan ini dapat menambah modal kerja Anda.
Perusahaan anjak piutang mengenakan biaya untuk layanan ini, yang merupakan persentase dari jumlah faktur terutang. Mengumpulkan faktur pada saat jatuh tempo adalah tanggung jawab perusahaan anjak piutang.
2. Proses Anjak Faktur
Ada empat elemen penting dalam proses anjak faktur. Ini adalah:
- Bisnis yang membutuhkan modal jangka pendek.
- Debitur yang berhutang uang pada bisnis untuk pembelian.
- Faktur yang beredar untuk bisnis oleh debitur.
- Perusahaan anjak piutang.
Seluruh proses anjak piutang dijelaskan di sini:
- Bisnis Anda menjual produk atau layanan ke bisnis lain. Anda menerbitkan faktur untuk bisnis ini yang jatuh tempo dalam waktu yang disepakati (biasanya 30 hingga 90 hari).
- Anda membuat akun dengan perusahaan anjak piutang. Ini adalah tugas satu kali.
- Anda menjual faktur terutang Anda ke perusahaan anjak piutang.
- Perusahaan anjak piutang memajukan uang Anda terhadap pembelian faktur berdasarkan tarif yang disepakati di antara Anda berdua.
- Debitur Anda melakukan pembayaran terhadap faktur yang belum dibayar.
- Pembayaran masuk ke rekening cadangan yang dibuka oleh perusahaan anjak piutang.
- Perusahaan anjak piutang mendiskontokan jumlah uang muka sebelumnya dan biaya anjak piutang. Mereka mentransfer jumlah saldo ke rekening bank Anda.
3. Kelebihan dari Invoice Factoring
Beberapa manfaat khusus dari anjak faktur adalah:
Responsif dan sederhana
Apakah Anda mengajukan pinjaman bisnis atau opsi pembiayaan lainnya, ini adalah proses yang berkepanjangan yang mungkin memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Bahkan setelah semua dokumen dan persetujuan, menerima dana sebenarnya mungkin melibatkan lebih banyak penundaan.
Anjak faktur adalah cara sederhana dan tidak merepotkan untuk memenuhi kebutuhan arus kas mendesak Anda dan menjalankan bisnis Anda dengan lancar. Ini adalah alternatif yang layak untuk permintaan modal kerja jangka pendek bisnis Anda.
Arus kas reguler
Jika Anda terlibat dalam jenis bisnis yang memiliki puncak dan palung musiman atau intermiten, anjak piutang dapat terus menjadi opsi pembiayaan . Selain itu, Anda mungkin ingin menghindari kerumitan hutang jangka pendek pada buku besar Anda.
Mungkin masuk akal jika bisnis Anda membangun hubungan yang berkelanjutan dengan perusahaan anjak piutang. Ini akan mengatasi masalah dengan mencoba mempertahankan arus kas yang stabil tanpa menunggu faktur yang belum dibayar.
Persetujuan mudah
Riwayat kredit, agunan, atau riwayat pinjaman Anda tidak terlalu memengaruhi peluang Anda untuk mengakses dana melalui anjak faktur. Perusahaan anjak piutang terutama memperhatikan riwayat pembayaran dan kelayakan kredit pelanggan Anda.
Dengan ini, mereka dapat mempertimbangkan risiko yang mereka ambil saat membeli faktur Anda. Anjak faktur menjadi alternatif yang cocok jika Anda memiliki nilai kredit yang rendah atau ada jenis kenakalan dalam sejarah keuangan Anda.
Manfaat outsourcing
Ini menghabiskan banyak waktu untuk melacak faktur yang tidak tertagih dan menindaklanjuti debitur. Membiarkan orang lain melakukannya untuk bisnis Anda menandai tugas utama dari daftar Anda dan dapat menghemat banyak waktu dan sakit kepala.
Biaya yang Anda bayarkan untuk anjak faktur tidak hanya memberi Anda arus kas yang sangat dibutuhkan tetapi juga mengalihdayakan sebagian besar pekerjaan A / R Anda. Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk menangani masalah langsung lainnya dari bisnis Anda.
Hubungan pelanggan
Mengumpulkan pembayaran terutang dari debitur Anda adalah tugas yang berat. Ini bisa terbukti sulit dan membuat frustrasi di saat-saat terbaik. Saat Anda menyerahkan beban ini kepada perusahaan anjak faktur, Anda dapat fokus untuk membangun hubungan yang lebih positif dengan klien Anda.
Anda juga bisa bersikap liberal dengan persyaratan kredit tanpa meregangkan diri Anda secara finansial - tetapi hanya jika Anda yakin pada kelayakan kredit pelanggan Anda.
4. Kontra dari Invoice Factoring
Beberapa kelemahan yang datang dengan anjak faktur adalah:
Lebih mahal dari pinjaman bank tradisional
Segala jenis pembiayaan memiliki harga, beberapa lebih mahal dari yang lain. Mengumpulkan dana jangka pendek melalui anjak faktur lebih mahal dibandingkan dengan pinjaman bank tradisional. Biaya layanan perusahaan anjak faktur dapat berkisar dari satu hingga lima persen dari jumlah faktur.
Anda harus memilih anjak faktur hanya jika kebutuhan Anda akan uang tunai yang mendesak melebihi biaya yang dikeluarkan. Jika pengembalian investasi (ROI) dalam bisnis Anda rendah, mungkin lebih bijaksana untuk menunggu piutang daripada membayar biaya tambahan.
Kewajiban atas kredit macet
Perusahaan anjak faktur memeriksa kelayakan kredit pelanggan Anda sebelum mengalokasikan dana untuk bisnis Anda. Namun tanggung jawab atas setiap faktur yang belum dibayar masih ada pada Anda.
Perusahaan anjak piutang tidak mungkin menindaklanjuti pembayaran yang terlambat atau pelanggan yang menunggak. Anda akan bertanggung jawab untuk membayar semua piutang tak tertagih atau menukar faktur tambahan, berdasarkan ketentuan perjanjian Anda dengan perusahaan.
Mengandalkan rekam jejak pelanggan
Perusahaan anjak piutang menyelidiki catatan pembayaran masa lalu pelanggan Anda sebelum membuat perjanjian bisnis dengan Anda. Mereka akan enggan mengambil faktur jika catatan pelanggan Anda sebelumnya meragukan.
Berdasarkan hal ini, riwayat pembayaran buruk pelanggan Anda dapat mengakibatkan biaya layanan yang lebih tinggi oleh perusahaan untuk menutupi risiko tambahan.
Kurangnya kendali atas interaksi pelanggan
Perusahaan anjak piutang memiliki kendali mutlak atas departemen faktur dan piutang Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin tidak nyaman dengan bisnis lain yang mengakses informasi tentang pelanggan dan keuangan Anda.
Kepercayaan memainkan peran utama dalam proses ini dan Anda perlu memilih perusahaan anjak piutang yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya untuk berbisnis.
Hanya untuk perusahaan B2B
Anjak faktur hanya tersedia untuk bisnis yang menjual ke bisnis lain atau ke entitas pemerintah. Fasilitas ini bukan untuk retail atau bisnis lain yang menjual langsung ke konsumen, atau kategori B2C.
5. Biaya Anjak Faktur
Biasanya, perusahaan anjak piutang membebankan dua jenis biaya:
Biaya administrasi
Biaya administrasi menjelaskan berbagai biaya administrasi tetap yang mungkin berbeda untuk perusahaan anjak piutang yang berbeda. Ini umumnya termasuk:
- Biaya set-up rekening satu kali untuk menilai sejarah dan latar belakang kredit debitur.
- Sebuah dana mentransfer biaya atau fee kawat untuk kabel dana dari rekening cadangan ke akun Anda. Ini sebagian besar dipungut sekali untuk jumlah total yang ditransfer ke akun Anda dan biasanya sekitar $ 25.
- Sebuah Biaya volume minimum jika Anda tidak dapat memenuhi target untuk menjual jumlah yang tetap di faktur, sesuai perjanjian bisnis Anda dan perusahaan anjak piutang antara.
Biaya anjak piutang
Biaya anjak faktur bervariasi tergantung pada volume faktur dan kelayakan kredit debitur Anda. Biaya bulanan bisa berkisar dari satu hingga tiga persen dengan biaya tambahan setiap sepuluh hari setelah itu.
6. Anjak Faktur vs Pinjaman Bank
Pembiayaan bank, jika tersedia, harus menjadi pilihan pertama untuk bisnis apa pun. Suku bunga bank jauh lebih murah daripada bentuk pembiayaan lainnya. Tetapi agar memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman bank, bisnis Anda harus memenuhi semua kriteria. Dokumen dan persyaratan tambahan juga memakan waktu.
Jika kebutuhan arus kas Anda bersifat jangka pendek, atau bahkan mendesak, anjak piutang bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda. Anda dapat memanfaatkan sumber uang tambahan tanpa menambahkan hutang ke buku besar Anda.
7. Pembiayaan Faktur vs Pembiayaan Faktur
Kami telah mempelajari semua tentang anjak faktur. Mari kita cari tahu apa itu invoice financing, dan apa perbedaannya dengan anjak piutang. Dalam anjak faktur, bisnis Anda mendapat uang muka karena menjual faktur dengan harga diskon. Pembiayaan faktur adalah pinjaman yang dijamin berdasarkan faktur Anda. Anda dapat mengamankan sebagian dari piutang usaha Anda, sebagai pinjaman. Pembiayaan faktur menciptakan hutang pada buku besar Anda, dengan faktur Anda sebagai jaminan.
Baik anjak piutang dan pembiayaan faktur memiliki manfaatnya masing-masing. Anda perlu memutuskan mana yang lebih baik untuk bisnis Anda, berdasarkan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Pembiayaan faktur membuat Anda bertanggung jawab atas pengumpulan pembayaran dari pelanggan Anda. Tetapi jika Anda ingin menghemat waktu dan tenaga dalam menghubungi pelanggan Anda untuk pembayaran terutang, anjak piutang adalah pilihan untuk Anda.
Apakah faktur anjak piutang untuk Anda?
Solusi keuangan yang berbeda dapat digunakan untuk bisnis yang berbeda. Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda perlu menyadari pilihan Anda dan harus membuat pilihan yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda. Pinjaman bank, pinjaman SBA, dan penarikan tunai adalah beberapa opsi yang dapat Anda jelajahi sebelum memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis Anda. Anjak faktur untuk bisnis yang membutuhkan dorongan modal kerja yang mendesak, memiliki pelanggan yang layak kredit, dan dapat membayar biaya yang lebih tinggi.